Software Pengolah Gambar Gratis

Kamis, 07 Maret 2013 | komentar



Kita beruntung bahwa di zaman ini, banyak software pengolah gambar yang sepenuhnya gratis tapi cukup handal untuk mengolah foto kita. Di bawah ini adalah beberapa software pengolah gambar populer:

Photoscape

Photoscape adalah software pengolah foto yang paling populer di web. Photoscape adalah software pengolah gambar yang memungkinkan pengguna untuk mengunakan versi penuhnya secara gratis.

Anda bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan di sini, misalnya menampilkan foto, menyesuaikan gelap terang, kroping, menambahkan teks, menggambar, menggabungkan beberapa foto menjadi satu. dan sebagainya. 

Antarmuka Photoscape termasuk ramah pengguna baru software digital. Tampilan pembukanya terkesan sederhana dan menarik untuk digunakan. Selain untuk editing foto dasar, Photoscape juga bisa digunakan untuk membuat slideshow, animasi GIF singkat, mengkombinasikan beberapa gambar menjadi satu gambar.

Untuk mendanai pengembangan Photoscape, akan ada iklan yang tampil saat mengunakan Photoscape. Tapi biasanya tidak mengganggu aktifitas editing.

Photoscape ini cocok untuk pemula di ranah editing foto atau yang ingin membuat slideshow, menambahkan teks, mencetak atau membuat animasi secara mudah dan menyenangkan.

GIMP

GIMP singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Software ini sudah cukup lama beredar, dan cukup canggih seperti Adobe Photoshop. GIMP memiliki banyak kemampuan dari melakukan penyesuaian foto yang sederhana sampai yang rumit.

Beberapa fitur yang bisa digunakan antara lain: Cloning dan healing tool untuk menghapus bagian-bagian yang kurang bagus bercak-bercak dan jerawat pada wajah. Mengaplikasikan effects (Seperti filter di Photoshop), melakukan kroping, menggabungkan gambar, memperbaiki distorsi gambar, menajamkan foto, dan masih banyak lagi.

Bagusnya GIMP bisa digunakan di berbagai platform antara lain Windows, Mac, Linux, dan beberapa yang lain. GIMP juga bisa membuka banyak jenis file, dari JPEG, GIF, PNG dan TIFF.

Asyiknya GIMP memiliki banyak plug-ins dan extension untuk melakukan hampir apa saja, misalnya untuk membuat efek editing tertentu seperti proses warna sepia, dan mempercepat proses kerja editing lebih dari satu foto sekaligus.

Dari semua software yang saya bahas, GIMP yang paling lengkap dan mendekati Adobe Photoshop. Namun, software ini lebih rumit daripada software lainnya sehingga membutuhkan waktu untuk belajar dan membiasakan diri terlebih dahulu.

Paint.NET

Software Paint.Net adalah software yang dikembangkan oleh proyek mahasiswa yang dimentori Microsoft, dan saat ini dipertahankan dan dikembangkan oleh alumni yang membuatnya. Paint.NET memiliki antarmuka yang mirip dengan software-software Microsoft lainnya, seperti MS Paint yang terdapat di sistem operasi Windows. 

Paint.NET memiliki beberapa peralatan editing dari yang sederhana sampai rumit. Ada beberapa alat editing yang diikutsertakan untuk menyempurnakan gambar atau membuat efek khusus.

Beberapa contoh yaitu mengaburkan foto, menajamkan foto, menghilangkan efek mata merah, memperbaiki distorsi, menambahkan noise dan sebagainya.

Beberapa fitur rumit yang ada di Adobe Photoshop juga ada, diantaranya adalah Layer, gradient tool untuk membuat gradasi warna, Magic wand untuk menyeleksi sebagian dari foto, clone stamp untuk menyalin dan menghapus bagian dari foto. 

Software ini juga bisa digunakan untuk menggambar, atau menambahkan teks ke foto.Bagi yang terbiasa dengan software Microsoft, dan menginginkan sofwate editing yang cukup lengkap fiturnya, boleh mencoba software ini.
Share this article :

Poskan Komentar

Kumpulan Tips Menarik Merupakan Blog DOFOLLOW Yang dapat memberikan BACKLINK Gratis Kepada Pengunjung Hanya denga Meninggalkan KOMENTAR. Silahkan Tinggalkan Jejak Anda (KOMENTAR) Terimakasih!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumpulan tips menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger