Tips kuatkan sinyal modem dengan CD bekas

Jumat, 20 Juli 2012 | komentar (1)


Bagi anda yang gemar berselancar di dunia maya, tentunya koneksi internet merupakan sesuatu yang sangat penting. Untuk mendapatkan koneksi internet ada banyak cara yang dapat ditempuh, melalui WIFI maupun melalui koneksi modem. Lokasi Anda melakukan browsing merupakan faktor penentu penangkapan sinyal modem Anda, baik itu GPRS maupun sinyal 3G. Jika lokasi Anda berada jauh dari BTS atau menara penangkap sinyal maka otomatis koneksi Anda akan sedikit atau putus-putus.
Penangkapan sinyal dapat diketahui dari pada saat Anda membuka menu koneksi yang ada pada modem. Klik icon koneksi modem Anda pada pojok kiri bawah, bisa diketahui seberapa banyak sinyal yang dapat ditangkap. Biasanya koneksi internet akan putus atau lambat sekali pada  saat sinyal yang di dapat 1 atau 1.5 bar. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda memerlukan cara agar dapat memperkuat sinyal modem yang Anda dapat.
Ada beberapa tips untuk memperkuat sinyal modem GSM maupun CDMA Anda, yaitu :
  • Menggunakan Ekstender USB
Ekstender USB ialah suatu konektor USB namun memiliki kabel yang panjang. Cara dengan ekstender USB merupakan cara yang paling aman untuk menguatkan sinyal modem GSM ataupun CDMA. Cara ini mungkin sedikit lebih sederhana daripada harus membuat wajan bolic ataupun membeli antena eksternal.
  1. Carilah tempat dimana minim halangan atau tempat yang mendapat sinyal bagus, biasanya terdapat pada tempat terbuka , diatas atap ataupun di dekat jendela.
  2. Ukurlah berapa panjang antara pusat sinyal dengan tempat biasa Anda melakukan koneksi. Apabila hanya membutuhkan panjang satu atau dua meter anda dapat membeli ekstend USB biasa, namun jika lebih dari itu maka Anda juga harus membeli kabel UTP untuk menyambungkan.
  3. Belilah ekstender USB yang banyak tersedia di toko komputer. Jika Anda membeli ekstender USB jangan lupa Anda berkata kepada penjual bahwa akan digunakan untuk modem, sebab pada ekstender USB yang biasa, tidak kuat untuk mengkoneksikan modem.
  4. Untuk pengujian maka sambugkan modem dengan ekstender USB, sambungkan dengan komputer Anda.
Cara ini telah dicoba dan hasilnya sinyal bertambah, namun kembali lagi pada penempatan dan lokasi Anda berada. Pada pembahasan diatas mengenai penambahan kabel UTP, terdapat cara khusus untuk menyambungkan UTP dengan USB . Bagi Anda yang belum pernah merangkai kabel UTP berikut ini  caranya :
  1. Belilah kabel UTP bermerk bagus sesuai dengan panjang yang Anda butuhkan, namun tidak dapat lebih dari sembilan meter karena hal itu menyebabkan koneksi modem tidak dapat terdeteksi.
  2. Potonglah ekstender USB kurang lebih 5cm dari kedua kepala konektor. Lalu kupaslah masinng-masing kabel yang berwarna-warni tersebut hingga terlihat tembaganya.
  3. Sama seperti nomer dua, kupaslah tiap ujung kabel UTP hingga terlihat masing-masing tembaganya.
  4. Hal khusus terletak pada rangkaian kabel berwana-warni.
  5. Sambungkan 1 kabel hijau (dari UTP) dengan kabel hijau (dari USB)
  6. Gabungkan satu kabel hijauPutih  (dari UTP) dengan kabel putih (dari USB)
  7. Gabungkan dua kabel orange-orangPutih (dari UTP) dengan kabel merah (dari USB)
  8. Terakhir gabugkan terlebih dahulu  empat kabel coklat-coklatPutih dan biru-biruPutih pada UTP dengan kabel hitam pada USB
  9. Setelah semuanya tersambung, liitkan isolasi agar tak terjadi konslet
  10. Tambahkan pelindung untuk modem dari panas dan hujan (jika diletakkan di luar ruangan) misalnya dengan paralon atau kaleng bekas.
  11. Siap untuk dicoba
  • Menggunakan Keping CD dan Kaleng Bekas
Untuk meningkatkan sinyal moden GSM dan CDMA Anda ada satu cara lagi yang lebih sederhana, yaitu dengan menggunakan keeping CD dan kaleng semprot nyamuk bekas.
  1. Siapkan botol bekas obar nyamuk semprot atau pengharum ruangan. Semakin besar kaleng, maka akan berpengaruh pada penangkapan sinyal
  2. Siapkan cakram CD bekas
  3. Letakkan cakram CD tepat dibawah modem Anda dengan posisi bagian mengkilat menghadap pada modem.
  4. Letakkan kaleng bekas tersebut di dekat cakram CD, tak perlu bersentuhan.
  5. Pindah-pindahkan kaleng bekas tersebut  disekita cakram sesuai dengan arah dimana banyak menangkap sinyal.
Sebenarnya ada banyak lagi cara yang dapat Anda gunakan, namun dengan cara sederhana di atas semoga dapat memberi manfaat. Cara kedua ini telah saya buktikan dan ternyata membawa pengaruh lumaya juga. Kenapa lumayan? Karena kita tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Jadi bagi anda yang ingin mencoba selamat melakukan percobaan semoga hasil yang diperoleh dapat maksimal. Kritik dan saran sangat saya harapkan kepada teman-teman sekalian. Kalau ada tips lain jangan lupa bagi-bagi ya? GOOD LUCK

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 Januari 2013 19.48

makasih banyak gan info ini sangat bermanfaat buat saya,

Poskan Komentar

Kumpulan Tips Menarik Merupakan Blog DOFOLLOW Yang dapat memberikan BACKLINK Gratis Kepada Pengunjung Hanya denga Meninggalkan KOMENTAR. Silahkan Tinggalkan Jejak Anda (KOMENTAR) Terimakasih!!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. kumpulan tips menarik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger